16 Maret 2009

PERNYATAAN SIKAP PUSKOMNAS FSLDK

PERNYATAAN SIKAP

Pusat Komunikasi Nasional Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus

(PUSKOMNAS FSLDK) Indonesia

TENTANG: Fatwa MUI tentang Rokok dan Pemilu

Diktum Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa Tentang Pemilu

Tanggal: 31 Januari 2009 (Masalah Strategis Kebangsaan),

  1. Pemilihan umum dalam pandangan Islam adalah upaya untuk memilih pemimpin atau wakil yang memenuhi syarat-syarat ideal bagi terwujudnya cita-cita bersama sesuai dengan aspirasi umat dan kepentingan bangsa.
  2. Memilih pemimpin dalam Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama
  3. Imamah dan imarah dalam Islam menghajatkan syarat-syarat sesuai dengan ketentuan agama agar terwujud kemaslahatan dalam masyarakat.

Pada Sidang Pleno Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI yang berlangsung pada hari Ahad, 26 Januari 2009, Majelis Ulama Indonesia menelurkan fatwa tentang rokok dan Pemilu.

Efek negatif rokok telah diketahui secra luas oleh masyarakat. Peserta sidang pun berbeda pendapat tentang tingkat larangan merokok, sehingga hukum merokok terjadi perbedaan pendapat antara haram dan makruh. Akan tetapi, seluruh peserta Sidang Pleno Ijtima' sepakat bahwa merokok haram hukumnya di tempat umum, diharamkan pula merokok bagi anak-anak dan wanita hamil.

Dalam diktum Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa Tentang Pemilu bahwa memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (siddiq), terpercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh), mempunyai kemampuan (fathonah), dan memperjuangkan kepentingan umat Islam hukumnya adalah wajib. Memilih pemimpin yang tidak memenuhi syarat-syarat sebagaimana disebutkan dalam butir 1 (satu) atau tidak memilih sama sekali padahal ada calon yang memenuhi syarat hukumnya adalah haram.

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia yang dikoordinasikan oleh Pusat Komunikasi Nasional Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (PUSKOMNAS FSLDK) yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Jamaah Nuruzzaman Universitas Airlangga Surabaya, menyatakan sikap bahwa kami:

  1. Mendukung penuh keputusan MUI mengeluarkan fatwa tentang rokok dan Pemilu.
  2. Menghimbau kepada media massa untuk memberitakan fatwa MUI secara utuh agar tidak terjadi mispersepsi di masyarakat yang dapat mengeruhkan suasana.
  3. Menghimbau kepada masyarakat, khususnya umat Islam Indonesia, untuk menyikapi segala permasalahan dengan pikiran dan hati yang jernih serta dengan landasan Islami agar tidak
  4. Menghimbau kepada masyarakat, khususnya umat Islam Indonesia, untuk menghormati dan menjalankan
  5. Menghimbau Pemerintah RI untuk turut mendukung fatwa MUI yang sesuai dengan amanah yang diembannya, yaitu untuk menyejahterakan dan menyehatkan rakyat Indonesia.

Demikian pernyataan sikap kami. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan untuk bersatu membela agama-Nya dan meneguhkan hati kita dalam memberantas kemungkaran karena-Nya. Allahu Akbar!

Surabaya, 7 Februari 2009

Ketua Pusat Komunikasi Nasional

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus

Dani Setiawan

2 komentar:

ABI AFNA'S BLOG 16 Maret 2009 pukul 00.29  

Tetap IstiQomah!!! Allahu akbar!

ABI AFNA'S BLOG 24 Maret 2009 pukul 03.28  

Terus Berjuang FSLDK. Rangkul Semua LDK se-Indonesia...

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP